Sabtu, 28 April 2012

CUMI TUMIS CABAI HIJAU

Cumi Tumis Cabai Hijau

Dulu sebelum nikah, boro-boro saya bisa masak. Masuk ke dapur aja jarang banget. Nunggu kalo sampai mama nyuruh-nyuruh untuk bantuin masak hehehe. Tapi gak tau ya, setelah menikah secara otomatis, naluri seorang istri yang ingin membahagiakan suami lewat makanan (ceileee ^^) maka mulailah belajar masak.

Dan inilah salah satu menu fvorit saya di rumah, serba cumi-cumi :) Bahan dan bumbunya, Insya Allah gampang didapatnya. Rasa pedas-pedas gurih menggigit cumi ini bakal membuat santapan jadi lebih enak. Paling asyik dimakan dengan nasi pulen hangat.

Bahan :
- 250 gr cumi-cumi asin ukuran kecil
- 3 sdm minyak sayur
- 6 butir bawang merah, iris tipis
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 75 gr cabai hijau keriting, iris kasar
- 5 buah cabai rawit merah, iris kasar
- 1/4 cm jahe, iris halus
- 1/4 cm lengkuas
- 100 gr buncis, potong 3 cm
- 150 ml air
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam
- bumbu penyedap rasa, bila suka (Kalo saya jarang memakai bumbu yang satu ini, suka pusing-pusing kalo habis makan masakan yang pakai bumbu penyedap. hehehe)

Cara membuatnya :
1. Rebus cumi-cumi dengan air secukupnya hingga empuk. Tiriskan.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu.

3. Masukkan cabai hijau, cabai rawit merah, lengkuas, dan jahe. Aduk hingga layu.

4. Masukkan buncis, aduk hingga layu.

5. Tambahkan air, merica, dan garam. Masak hingga kuah hampir habis.

6. Angkat dan sajikan panas.

Catatan :
- Ini untuk porsi 8 orang.
- Untuk menghilangkan bau amis dan anyir dari cumi-cumi, biasanya saya setelah cumi dicuci bersih, lalu saya kucuri air jeruk nipis atau jeruk lemon. Kalo gak, jahe digeprek sampai halus, dilumuri ke cumi. Dijamin gak bau amis lagi.

Oya, satu lagi, resep masakan ini saya ambil dari aplikasi android "masak apa" dan sudah diuji cobakan di dapur pribadi :))

Selamat mencoba ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar